M A K A L A H
“PAGELARAN / PERGELARAN S E N I T A R I”
DISUSUN OLEH:
NAMA : AHMAD SAFUAN HAKIM ( 01 )
DENNY RIZKY ZULPAS ( 10 )
L MUHAMMAD ILHAM FAJRI ( 21 )
LALU RAMA YUDA BASKARA ( 22 )
KEMAS ARY JULMI ( 18 )
RIFQI HASRUL NIZAM ( 34 )
KELAS : X MIPA 1
SMA NEGERI 1 PRAYA
2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat,
karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini
sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih
pada Pak Komang Restu Sosiawan selaku guru seni rupa yang telah memberikan
tugas ini kepada kami.
Kami
sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan,
pengetahuan serta apresiasi kita tentang seni tari. Saya juga menyadari
sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh
dari apa yang kami harapkan. Untuk itu,kami berharap adanya kritik, saran dan
usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang
sempurna tanpa sarana yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat
dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun
ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya
kamimohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan
kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Praya,13
januari 2017
Kelompok 1
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR …………………………………………………………………………..
ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………….iii
BAB I PENDAHULUAN
……………………………………………………………………….1
A.
Latar Belakang ………………………………………………………………………….1
B.
Rumusan Masalah ………………………………………………………………………1
C.
Tujuan
…………………………………………………………………………………..1
D.
Manfaat
…………………………………………………………………………………1
E.
Ide dan Gagasan ………………………………………………………………………..2
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………………………3
A.
Pengertian Pagelaran …………………………………………………………………...3
B.
Perencanaan Pagelaran Tari ……………………………………………………………4
C.
Fungsi Pagelaran Tari ………………………………………………………………….
D.
Unsur-Unsur Pagelaran Tari
E.
Unsur Pendukung Yang Harus Diperhatikan
Untuk Gerak Penari
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
Saran/Kritikan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perjalanan
dan bentuk seni tari di Indonesia sangat terkait dengan perkembangan kehidupan
masyarakatnya, baik ditinjau dari struktur etnik maupun dalam lingkup negara
kesatuan. Jika ditinjau sekilas perkembangan Indonesia sebagai negara kesatuan,
maka perkembangan tersebut tidak terlepas dari latar belakang keadaan
masyarakat Indonesia.
Pada saat itu, Amerika Serikat dan
Eropa secara politis dan ekonomis menguasai seluruh Asia Tenggara, kecuali
Thailand. Menurut Soedarsono (1977), salah seorang budayawan dan peneliti seni
pertunjukan Indonesia, menjelaskan bahwa, “secara garis besar perkembangan seni
pertunjukan Indonesia tradisional sangat dipengaruhi oleh adanya kontak dengan
budaya besar dari luar (asing)”. Berdasarkan pendapat Soedarsono tersebut, maka
perkembangan seni pertunjukan tradisional Indonesia secara garis besar terbagi
atas periode masa pra pengaruh asing dan masa pengaruh asing. Namun apabila
ditinjau dari perkembangan masyarakat Indonesia hingga saat ini, maka
masyarakat sekarang merupakan masyarakat Indonesia dalam lingkup negara
kesatuan. Tentu saja masing-masing periode telah menampilkan budaya yang
berbeda bagi seni pertunjukan, karena kehidupan kesenian sangat tergantung pada
masyarakat pendukungnya.
Tarian daerah Indonesia dengan
beraneka ragam jenis tarian indonesia seni tari membuat indonesia kaya akan
adat kebudayaan kesenian. Dengan
mengenal lebih banyak Tarian adat di seluruh provinsi di indonesia mudah-mudahan
membuat kita lebih mencintai negeri kita ini.
Tarian Indonesia mencerminkan
kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Terdapat lebih
dari 700 suku bangsa di Indonesia: dapat terlihat dari akar budaya bangsa
Austronesia dan Melanesia, dipengaruhi oleh berbagai budaya dari negeri
tetangga di Asia bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi.
Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai tarian khasnya sendiri. Di
Indonesia terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia. Tradisi kuno tarian
dan drama dilestarikan di berbagai sanggar dan sekolah seni
tari yang dilindungi oleh pihak keraton
atau akademi seni yang dijalankan pemerintah.
B. Rumusan
Masalah
1. Jelaskan
Pagelaran Tari ?
2. Apa
saja yang harus direncanakan/tekhnik pergelaran tari ?
3. Apa
fungsi Perglaran Tari ?
4. Apa
saja unsur unsur pendukung pergelaran tari ?
5. Apa
saja unsur pensukung yang harus diperhatikan untuk gerak penari saat pergelaran
?
C. Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan karya tulis
ini guna memenuhi tugas dari guru Seni Budaya yaitu Bapak Komang
D. Manfaat
Penulisan
Manfaat
yang dapat di peroleh oleh penyusun melalui makalah ini yaitu dapat
dimanfaatkan sebagai salah satu acuan dalam membuat makalah berikutnya,
sehingga dalam penyusunan karya tulis yang akan datang hal-hal yang sudah baik
di tingkatkan dan yang salah diperbaiki serta untuk menambah wawasan kami
mengenai sni tari di Indonesia. Melalui makalah ini manfaat yang dapat
diperoleh oleh pelajar adalah sehingga setalah membaca makalah ini, pelajar
dapat terus menjaga dan melestarikan seni tari serta menemukan cara-cara
terbaru untuk mengatasinya agar tarian suatu daerah di Indonesia dapat terjaga
sampai generasi selanjutnya.
E. Ide dan Gagasan
Selain karena tugas dari Bapak Komang ,kami
membuat makalah ini karena melihat sering diadakannya pagelaran tari
didaerah-daerah dan kurangnya pengetahuan dari para penonton tentang pagelaran
tari ini yang sangat penting saat ada acara tari.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PERGELARAN
Pergelaran/Pementasan merupakan kegiatan untuk memperkenalkan atau menunjukan hasil karya seni musik, tari, teater/drama dan lainnya kepada masyarakat luas. Pergelaran adalah cara untuk melakukan komunikasi antara pencipta karya dan penikmat karya
Pergelaran adalah suatu kegiatan
dalam pertunjukan hasil karya seni kepada orang banyak pada tempat tertentu.
Untuk mencapai suatu tujuan pada dasarnya pergelaran merupakan kegiatan
konsumsi secara tidak langsung antara pemain dengan penonton untuk mencapai
kepuasan masing-masing ( baik penonton maupun pemain ).
Baik tidaknya suatu pergelaran dapat
diukur dengan melihat bagaimana respon dan tanggapan serta perhatian penonton
selama pergelaran itu berlangsung,. Kadang-kadang ada suatu pergelaran yang di
tingglkan oleh penonton, yang menandakan bahwa pergelaran itu tidak dapat
berkomunikasi dengan penontonnya. Pergelaran karya seni tari adalah pertunjukan
tari atau penyajian gerakan tari yang indah yang di tujukan kepada orang lain.
Pergelaran seni juga di jadikan sebagai kegiatan apresiasi seni untuk
mengembangkan kreativitas dan pengembangan karya seni tari.
Pergelaran bersifat Dinamis/bergerak : Pergelaran musik, pergelaran tari, pergelaran busana.
1. Manfaat Pameran atau Pergelaran :
a. Melatih mengapresiasi karya
b. Melatih tanggung jawab
c. Melatih mengevaluasi karya
d. Membangkitkan motivasi
e. Melatih kegiatan bersama
f. Melatih mandiri
2. Tujuan Pameran atau Pergelaran
a. Menawarkan karya kepada masyarakat
b. Berkomunikasi dengan masyarakat
c. Memberikan Informasi Kepada msyarakat
d. Melatih masyarakat untuk ber- apresiasi
3. Fungsi Pameran atau Pergelaran
a. Sarana Apresiasi
b. Sarana Rekreasi
c. Sarana Edukasi/Pendidikan
d. Sarana ajang prestasi
4. Perlengkapan Pameran atau Pergelaran :
a. Karya Seni
b. Dekorasi/tata ruang
c. Meubeler
d. Sound system
e. Tempat/Ruang
f. Buku Katalog
g. Tempat Display
h. Buku Tamu dan buku Kesan/Pesan
5. Perencanaan Pameran atau Pergelaran :
a. Pembuatan denah ruang
b. Penataan karya/penampilan
c. Seleksi karya
d. Penata Ruang/tempat
6. Cara-Cara Melakukan Apresiasi merupakan :
a. Mengamati
b. Menghayati
c. Memahami
d. Menanggapi
e. Menilai
f. Implementasi/Penerapan
7. Tempat Pameran atau Pergelaran ada 2 yaitu :
a. Pergelaran Tertutup : Tempat pergelaran di dalam gedung
b. Pergelaran Terbuka : Tempat pergelaran di luar gedung
B. PERENCANAAN /
TEKHNIK PERGELARAN TARI
Perencanaan
adalah suatu proses untuk menetapkan apa yang akan dicapai dan bagaimana
mencapainya. Perencanaan adalah langkah awal sebelum melakukan langkah-langkah
berikutnya dibuat dalam bentuk tertulis dengan jelas. Perencanaan yang dibuat
secara tertulis disebut proposal.
Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat perencanaan tertlis yaitu
menentukan tema pagelaran, menentukan rencana kegiatan, menyusun program
pergelaran serta mnentukan tempat pergelaran.
1. Menentukan Tema Pergelaran
Tema
adalah sesuatu yang akan dicapai. Dengan kata lain tema merupakan jiwa sesuatu
kegiatan. Tema pagelaran sabngat penting karena sebagai pedoman untuk
bertindak. Dalam pagelaran tari tema dapat dimunculkan dalam kisah yang akan
dipertunjukan. Dalam menentukan tema, dapat juga dihubungkan dengan hari bear
nasional misalnya tema perjuangan, kepahlawanan, kebudayaan dan lain-lain.
2. Menentukan Rencana Kegiatan
Yang
dimaksud rencana kegiatan adalah tindakan yang akan kita lakukan secra
tertulis. Rencana kegiatan masih bersifat teknis dan berbentuk garis besar atau
hal-hal yang pokok. Misalnya :
§ Jenis kegiatan berupa
pagelaran tari
§ Tempat pagelaran
§ Pelaksanaan pagelaran
§ Karya yang akan
dipergelarkan
3. Menyusun program Pergelaran Tari
Setelah
rencana kegiatan disepakati dan dipahami bersama, langkah berikutnya adalah
menyusun program pagelaran. Program acara merupakan rencana kegiatan yang
detail, misalnya apakah dilakukan pada hari yang sama, macam pergelaran tari
apa yang akan dipergelarkan dan apa saja yang dilakukan pada saat pembukaan dan
penutupan.
4. Menentukan Tempat Pergelaran Tari
Tempat
merupakan komponen yang sangat penting dalam pergelaran dalam pergelaran tari.
Letaknya berda diluar atau di dalam ruangan, dan kapasitasnya orang ang dapat
ditampung banyak atau sedfikit. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam
menentukan tempat pegelaran adalah :
§ Nyaman, memberikan
keleluasaan bagi pengunjung untuk mengepresikan karya seni.
§ Tertib dan lancar,
pengaturan aus satu arah sehingga pengunjung tidak tabrakan.
5. Pengorganisasian Pergelaran
Tari
Oranisasi
adalah suatu wadah bekerja sama untuk mencapai tujuan yang kan dicapai. Dalam
pergelaran tari organisasi dimaksudkan pembentukan panitia yang bertugas
menyusundan merencanakan kegiatan secara matang. Adapun panitia organisasi yang
diperlukan dalam pergelaran tari adalah :
§ Direktur/Ketua (sutradara)
§ Stage manager
§ Aktor/aktris dibantu oleh
crew, stage crew, property crew, ligh crew, costum crew, sound
crew.
§ Business nmanager yang
dibantu oleh house manager dan publicity manager atau box office manager.
1.
Business manager memegang, mengurusi serta menggunakan masalah keuangan
yang merupakan modal dalam kegiatan pergelaran tari.
2.
House manager adalah seksi yang mengurusi serta mempersiapkan, mengatur masalah
tempat penonton, mengecek tiket/undangan, membagi brosur, tenaga/staf manager
disebut liser.
3.
Stage manager, seksi yang bertugas mengkoordinasikan pergelar. Koordinasi ini
langsung kepada pemain, urusan pentas (stage), perlengkapan pentas (property
crew), urusan lampu (laiht crew), urusan rias/busana (costum crew), urusan
pengeras suara (sound crew).
4.
Direktur/ketua adalah orang yang berkoordinasi langsung kepada business
manager, sedang sutradara koordinasinya langsung kepada stage manager aau
aktor/aktris. Business manager langsung dapat berkoordinasi dengan msing-masing
seksi dengan sepengetahuan atau bersama-sama direktur/ketua.
5.
Keberhasilan tugas business manager banyak dipengaruhi atau mendapat bantuan
dari publicity manager (publikasi), sedangkan box office manager tugasnya
adalah menjual tiket/karcis dalam pergelaran.
Dalam
kegiatan pagelaran tari yang besar dan professional, kepanitiaan ini mutlak
harus ada namaun ountuk lingkunagan sekolah cukup siswa dan kepanitiaan
disesuaiakan dengan jenis kegitan yang diperlukan dalam pergelaran. Dalam
kepanitiaan pergelaran tari peranan penting adalah secretariat seksi pementasan
yang bertugas menemani materi pergelaran. Sekertariat bekerja sama dengan seksi
pementasan harus menjalin hubungan yang baik dalam menentukan :
- Jadwal latihan
- Merencanaka kebutuhan perlengkpaan dan alat-alat yang diperlukan dalam pergelaran.
- Menentukan jumlah undangan yang dihadirkan
- Mengecek segala hasil kegiatan persiapan secara rutin
- Menentukan walktu latihan dengan iringan.
- Menentukan gladi bersih (general repetisi) yang dilakukan dua hari sebelum pergelaran dilaksankan.
Hal yang perlu disiapkan untuk
sebuah pertunjukkan tari :
1. Merencanakan (menyusun)
kepanitiaan
Kepanitiaan
dalam hal ini dibagi menjadi 2 yaitu :
a. Steering Comitee ( panitia pengarah / penasehat pemberi petunjuk bawahannya )
b. Organizing Comitee ( panitia pelaksana, yang melaksanakan segala sesuatu dilapangan)
a. Steering Comitee ( panitia pengarah / penasehat pemberi petunjuk bawahannya )
b. Organizing Comitee ( panitia pelaksana, yang melaksanakan segala sesuatu dilapangan)
Tim
Kerja dibagi menjadi 2, yaitu:
a.
Tim Produksi
Tim Produksi ini dipimpin oleh pimpinan produksi yang bertugas mengorganizir pementasan suatu seni pertunjukan dan membawahi :
– Sekretaris produksi
Orang yang bertanggungjawab dalam membukkukan dan mencatat semua kegiatan yang berhubungan dengan produksi seni pertunjukkan
– Bendahara
Orang yang bertanggung jawab dalam hal keuangan
– Seksi Dokumentasi
Orang yang bertanggung jawab atas dokumentasi kegiatan
– Seksi Publikasi
Orang yang bertanggung jawab dengan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan promosi/ publikasi kepa masyarakat yang dituju
– Seksi Pendanaan
Orang yang bertanggung jawab terhadap penyediaan dana yang dibutuhkan dalam proses dan pelaksanaan pementasan seni pertunjukkan
– Tiketing
Orang yang bertanggung jawab atas penjualan danpembelian kartcis pertunjukkan
‘- House Manager
Orang bertugas mengemban pelayanan publik serta bertanggung jawab terhadap pimpinan produksi dalam layanan staf dan layanan publik
– Keamanan
Orang yang bertanggung jawab terhadap sistem keamanan pertunjukkan
– Akomodasi
Orang yang bertanggung jawab terhadap segala hal yang berhubungan dengan akomodasi setiap proses pelaksanaan penyelenggaraan pertunjukan
– Konsumsi
Orang yang bertanggung jawab terhadapurusan konsumsi
– Transportasi
Orang yang bertanggung jawab terhadap urusan penyediaan transportasi
– Seksi Gedung
Orang yang bertanggung jawab terhadap penyewaan ataupun penyediaan gedung pertunjukkan
Tim Produksi ini dipimpin oleh pimpinan produksi yang bertugas mengorganizir pementasan suatu seni pertunjukan dan membawahi :
– Sekretaris produksi
Orang yang bertanggungjawab dalam membukkukan dan mencatat semua kegiatan yang berhubungan dengan produksi seni pertunjukkan
– Bendahara
Orang yang bertanggung jawab dalam hal keuangan
– Seksi Dokumentasi
Orang yang bertanggung jawab atas dokumentasi kegiatan
– Seksi Publikasi
Orang yang bertanggung jawab dengan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan promosi/ publikasi kepa masyarakat yang dituju
– Seksi Pendanaan
Orang yang bertanggung jawab terhadap penyediaan dana yang dibutuhkan dalam proses dan pelaksanaan pementasan seni pertunjukkan
– Tiketing
Orang yang bertanggung jawab atas penjualan danpembelian kartcis pertunjukkan
‘- House Manager
Orang bertugas mengemban pelayanan publik serta bertanggung jawab terhadap pimpinan produksi dalam layanan staf dan layanan publik
– Keamanan
Orang yang bertanggung jawab terhadap sistem keamanan pertunjukkan
– Akomodasi
Orang yang bertanggung jawab terhadap segala hal yang berhubungan dengan akomodasi setiap proses pelaksanaan penyelenggaraan pertunjukan
– Konsumsi
Orang yang bertanggung jawab terhadapurusan konsumsi
– Transportasi
Orang yang bertanggung jawab terhadap urusan penyediaan transportasi
– Seksi Gedung
Orang yang bertanggung jawab terhadap penyewaan ataupun penyediaan gedung pertunjukkan
b.
Tim Artistik
Tim Produksi ini dipimpin oleh seorang sutradara/ koreografer yang bertugas membuat konsep dari pertunjukkan, dan mengatur alur laku dari sebuah pertunjukkan. Sutradara membawahi :
Tim Produksi ini dipimpin oleh seorang sutradara/ koreografer yang bertugas membuat konsep dari pertunjukkan, dan mengatur alur laku dari sebuah pertunjukkan. Sutradara membawahi :
– Pimpinan Artistik
Penanggungjawab artistik karya, performa penyajian hingga tata urut pementasan agar dapat menyajikan urutan pementasan yang harmonis
– Stage Manager
Orang yang mengkoordinasi seluruh kegiatan yang ada di panggung
– Penata Panggung
Menjadi layanan pemenuhan kepada penyaji karya seni dan tuntutan artistik garapan berdasarkan prasaran dari pimpinan artistik
– Penata Cahaya
Menjadi sumber sukses dan artistiknya pementasan karya seni yang dipagelarkan yang berhubungan dengan masalah pencahayaan, terang padamnya lampu, serta bagaimana cara mengatasi apabila terjadi kecelakaan matinya lampu dari PLN
– Penata Rias dan Busana
Penata Rias dan Busana adalah orang yang bertugas atau bertanggung jawab dalam kepengurusan tata rias dan busana
– Penata Suara
Orang yang mempunyai tugas atau tangggung jawab mengatur suara atau bunyi selama pertunjukkan berlangsung
– Penata Musik/Sound
Tugas penata musik dan sound adalah menjadi sumber sukses dan kualitas musik yang disajikan dalam pementasan.
2. Mempersiapkan Tari :
a.
Pemilihan Materi Tari :
– Kontemporer
– Kreasi Baru
– Modern
– Tradisional Klasik
b. Penentuan Tema Pagelaran
c. Penentuan waktu pagelaran
d. Penentuan tempat pagelaran
e. Penentuan masing-masing tugas tim produksi/ kepanitiaan
– Kontemporer
– Kreasi Baru
– Modern
– Tradisional Klasik
b. Penentuan Tema Pagelaran
c. Penentuan waktu pagelaran
d. Penentuan tempat pagelaran
e. Penentuan masing-masing tugas tim produksi/ kepanitiaan
C. FUNGSI PERGELARAN
TARI
Kegiatan pergelaran memiliki manfaat langsung dan tidak
langsung. Manfaat langsung adalah sebagai media untuk berekpresi diri, untuk
berkomunikasi, untuk mengembangkan bakat, dan apresiasi. Sedangkan manfaat
tidak langsung adalah dapat mengembangkan kepekaan terhadap alam sekitar dan
menambah kehalusan budi pekerti.
1. Media Expresi Diri
Melalui
pergelaran seseorang memiliki kesempatan untuk mengepresikan dirinya dan
menciptakan karya seni untuk diperlihartkan kepada orang lain.
2. Media Komunikasi
Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian pesan kepada orang lain secra timbal
balik sehingga dan kesepahaman antara pengirim pesan dan penerima pesan.
Dalam komunikasi ada pesan, isi pesan, penerima pesan. Melalui pergelaran ini
pencipta seni dapat menyampaikan pesan perasaannya atau pesan-pesan social yang
berwujucdm karya seni kepada penikmat seni.
3. Media Pengembangan Bakat
Bakat
adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia sejak lahir. Namun demikian bakat
tidak akan berkembang dengan baik bila lingkungan sekitar tidak memberikan
kesempatan untuk berkembang. Oleh karena itu, dengan adanya pergelaran
seseorang diberi kesempatan mengembangkan bakat karya seni.
4. Media Apresiasi
Apresiasi
adalah totalitas kegiatan meliputi pengamatan,penghayatan,penilaian dan
penghargaan terhadap sesuatu. Dengan adanya pergelaran seseorang dapat
melakukan pengamatan terhadap karya seni dan memberikan penilaian. Penilaian
ini menjadi masukan kepada pecinta seni untuk karya berikutnya.
D. UNSUR PENDUKUNG PERGELARAN TARI
Pergelaran
(pagelaran) adalah kegiatan untuk mempertunjukkan hasil karya seni kepada orang
banyak pada tempat tertentu agar mendapat tanggapan dan penilaian.
Seni
tari merupakan salah satu seni pertunjukan, sehingga ia tidak mungkin dapat
berdiri sendiri tanpa melibatkan cabang seni lainnya. Cabang seni yang
berhungan dengan seni tari diantaranya adalah:
1. Seni Musik
Seni
musik digunakan sebagai pengiring tari dalam sebuah pergelaran seni tari. Tanpa
musik, sebuah tarian akan terasa kurang hidup dan kurang menarik untuk
disaksikan.
2. Seni Rupa
Seni
rupa diperlukan sebagai properti atau penataan setting panggung. Properti
adalah semua jenis peralatan yang dibutuhkan untuk digunakan dalam pergelaran
tari, baik itu dipegang atau dipakai oleh penari.
3. Tata Busana
Tata
busana atau kostum adalah semua yang dipakai penari di atas panggung dari ujung
rambut sampai ujung kaki.
Kostum
digolongkan menjadi lima bagian, yaitu pakaian dasar, pakaian kaki, pakaian
tubuh, pakaian kepala, dan aksesoris.
4. Seni Tembang atau Sastra
Seni
tembang digunakan untuk syair iringan tari. Seni tembang merupakan seni vokal
sunda dengan alat musik kecapi indung, kecapi rincik, suling, dan/atau rebab.
5. Tata Rias
Tata
rias digunakan untuk rias tari. Tata rias pada tari berfungsi untuk mempertegas
karakter tari yang dibawakan oleh penari.
6. Tata Lampu
Tata
lampu sebai setting panggung berfungsi untuk memberikan penerangan pada penari
di atas panggung. Tidak hanya itu, keberadaan tata lampu juga berfungsi untuk
menghidupkan suasana seni tari yang ditampilkan.
7. Tata Suara
Pengaturan
tata suara terkait dengan bunyi atau volume dalam sebuah pertunjukan, sehingga
penari dan penonton dapat mendengar dengan jelas lagu yang digunakan sebagai
pengiring tari.
Hubungan antar cabang :
a. Seni Tari dan Seni Rupa : Dekorasi pagelaran tari yang mendukung latar dan penghayatan
b. Seni Tari dan Musik : Iringan tarian dengan tetabuhan musik menambah penghayatan dan lain-lain
c. Seni Tari dan drama : Contohnya dalam sendratari Ramayana, menari dengan unsur drama atau cerita di dalamnya
a. Seni Tari dan Seni Rupa : Dekorasi pagelaran tari yang mendukung latar dan penghayatan
b. Seni Tari dan Musik : Iringan tarian dengan tetabuhan musik menambah penghayatan dan lain-lain
c. Seni Tari dan drama : Contohnya dalam sendratari Ramayana, menari dengan unsur drama atau cerita di dalamnya
E. UNSUR PENDUKUNG YANG HARUS
DIPERHATIKAN UNTUK GERAK PENARI
Unsur
utama dalam tari adalah gerak. Untuk terjadinya gerak, diperlukan lagi beberapa
unsur yaitu tenaga, ruang, waktu, dan pola lantai.
1.
Tenaga
Pengaturan
tenaga yang kurang baik akan mengakibatkan penari kelelahan pada saat menari
sehingga dapat kehilangan keseimbangan pada saat harus melakukan gerak
tertentu. Tarian yang banyak menggunakan gerak loncat dan lompat membutuhkan
tenaga yang tidak sedikit.
2.
Ruang
Pengertian
ruang di dalam tari bisa dilihat dari dua sisi, yaitu:
2.1.
Ruang pentas tempat terjadinya aktivitas menari
2.2.
Ruang gerak atau jangkauan gerak adalah ruang yang dihasilkan karena gerakan
dari properti dan kostum penari.
3.
Waktu
Dalam
seni tari waktu berhubungan dengan:
–
panjang pendeknya penampilan (durasi)
–
ritme
–
waktu tempuh untuk perpindahan gerak
–
waktu yang terkait dengan cepat lambatnya suatu pola gerak (tempo) dengan
iringan.
4.
Pola Lantai
Pola
lantai adalah perpindahan tempat dan arah hadap. Saat penari berpindah tempat,
penari akan membentuk garis imajiner di atas lantai pentas. Garis imajiner yang
terbentuk bisa berupa lingkaran, garis lengkung, garis lurus mendatar, garis
lurus vertikal atau diagonal.
Arah
gerak adalah pada saat penari bergerak menuju titik tertentu, seperti ke depan,
ke belakang, dan ke samping.
Arah
hadap adalah arah kemana penari menghadap.
Arah
gerak dan arah hadap bisa terjadi bersamaan, bisa juga tidak.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pergelaran (pagelaran) adalah kegiatan untuk mempertunjukkan
hasil karya seni kepada orang banyak pada tempat tertentu agar mendapat
tanggapan dan penilaian.
Dalam
melakukan pergelaran terdapat hal yang harus direncanakan dengan matang dan unsur
unsur yang sangat harus teliti.
Perencanaan
adalah suatu proses untuk menetapkan apa yang akan dicapai dan bagaimana
mencapainya. Perencanaan adalah langkah awal sebelum melakukan langkah-langkah
berikutnya dibuat dalam bentuk tertulis dengan jelas. Perencanaan yang dibuat
secara tertulis disebut proposal.
Tema
adalah sesuatu yang akan dicapai. Dengan kata lain tema merupakan jiwa sesuatu
kegiatan. Tema pagelaran sabngat penting karena sebagai pedoman untuk
bertindak. Dalam pagelaran tari tema dapat dimunculkan dalam kisah yang akan
dipertunjukan. Dalam menentukan tema, dapat juga dihubungkan dengan hari bear
nasional misalnya tema perjuangan, kepahlawanan, kebudayaan dan lain-lain.
B. SARAN
DAN KRITIKAN
Beberapa hal yang harus diperhatikan
oleh para pembaca dan masyarakat bahwa pergelaran/pagelaran seni tari itu
tidaklah semudah yang kita lihat,dalam melakukan pergelaran sen tari sangatlah
harus dengan keseriusan dan saya berharap agar para pembaca dan masyarakat
berpartisipasi untuk melihat pagelaran tersebut.
Kita
juga harus memperdalam ilmu kita tentang pergelaran
DAFTAR
PUSTAKA
safuanhakim.blogspot.co.id
safuanhakim1.blogspot.co.id
ahmadsafuanhakim.blogspot.co.id
Safuanhakim1.blogspot.com
Makasi yaaa
BalasHapusMerkur Futur Adjustable Safety Razor - Sears
BalasHapusMerkur Futur Adjustable Safety Razor is the perfect balance https://septcasino.com/review/merit-casino/ of performance, safety, https://deccasino.com/review/merit-casino/ and septcasino.com comfort. Made in septcasino Solingen, Germany, this razor has a perfect balance of 출장안마